Mengenal tentang Pertanian dan Peternakan Organik lewat Infografik

Posted by agito Kamis, 23 Mei 2013 0 komentar


Kali ini saya ingin berbagi tentang pertanian dan peternakan organik lewat sebuah infografik sederhana. Memang infografik ini menggambarkan tentang pertanian dan peternakan organik di Amerika sana. Tapi cukup relevan juga bagi pertanian organik di Indonesia. Semoga Indonesia segera bangkit dan menyusul negeri paman sam tersebut dalam pengelolaan pertanian organik.

Berikut infografik tersebut, bagi yang ingin versi yang lebih besar silahkan ke sumbernya disini.

Dari infografik tentang pertanian dan peternakan organik diatas dapat disimpulkan beberapa hal;

Pengertian Pertanian dan Peternakan Organik

Meski telah disinggung secara singkat tentang pengertian pertanian organik pada postingan sebelumnya, infografik ini memperjelas bahwa pertanian organik adalah produk pertanian yang tumbuh secara alami tanpa bantuan pestisida, pupuk kimia, modifikasi genetik atau radiasi. Jadi semuanya alami. Begitupun dengan peternakan organik berarti peternakan yang tidak menggunakan antibiotik, hormon atau pakan kimia.

Labelisasi Untuk Produk Pertanian Organik 

Di Amrik sana, ada semacam label khusus untuk produk pertanian organik. Mirip seperti label halal untuk produk halal kalau di Indonesia. Nama labelnya adalah USDA. Di infografik diatas dijelaskan bahwa produk organik diklasifikasikan kedalam beberapa kelompok.

Point pentingnya, di Amerika sendiri pun yang notabene sudah melek tentang pertanian organik, mereka tidak langsung melabeli semua produk organik dengan 100% organik. Ada tahapannya, dan semua diakui dalam bentuk label USDA tadi. Karena proses perubahan mindset dari pertanian konvensional ke pertanian butuh proses, asal dilakukan secara serius, suatu saat Indonesia akan menjadi produsen pertanian organik terbesar didunia. Amin :D

Konversi Lahan untuk Pertanian Organik

Seperti yang telah disinggung pada postingan tentang pengertian pertanian organik, bahwa konversi mineral dari lahan bekas pertanian konvensional ke pertanian organik memerlukan waktu 2-3 tahun. Infografik diatas menggambarkan dengan jelas masalah ini.

Alasan kenapa Produk Pertanian Organik Sangat Mahal Harganya

Ini dari segi bisnis, infografik diatas memberi 3 alasan kuat mengapa harga produk pertanian organik sangat mahal harganya di pasaran. Yang lucu bagi saya adalah alasan pertama bahwa petani organik tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Saya baru tahu kalau petani di Amerika sana juga masih disubsidi sama pemerintahnya :D






Related Post :



Post A Comment

Description
: Mengenal tentang Pertanian dan Peternakan Organik lewat Infografik
Rating
: 4.5
Reviewer
: agito
ItemReviewed
: Mengenal tentang Pertanian dan Peternakan Organik lewat Infografik